Jumat, 22 Juli 2011

Pengertian Sikap Positif & Sifat Negatif


Dalam pergaulan sehari-hari kita dapat menemukan dua sikap/perilaku, yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Orang yang memiliki sikap negatif umumnya perilakunya tidak menyenangkan dan membuat orang lain merasa tidak kerasan bersamanya. Ia cenderung merugikan orang lain. Sebaliknya orang yang memiliki sikap positif umumnya kehadirannya didambakan, menyenangkan, dan orang merasa kerasan bersamanya. Kehadirannya cenderung menguntungkan berbagai pihak. Sikap positif mendukung hidup bersamanya.

            Sikap positif artinya perilaku baik yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma kehidupan yang berlaku dalam masyarakat. Sikap positif tercermin dalam :
* Disiplin, suka bekerja keras, ulet, serta jujur.
* Setia kawan, kekeluargaan, rela berkorban, selalu menyelesaikan tanggung -jawab dengan baik,    penolong, berani membela kebenaran serta memiliki toleransi yang tinggi.
* Hemat, gemar menabung, dan hidup sederhana.
* Bertakwa terhadap Tuhan yang Maha Esa dan selalu memohon pertolongan Tuhan setiap mengalami kesulitan.


            Sedangkan sikap negatif ialah sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma kehidupan yang berlaku dalam masyarakat atau bahkan bertentangan. Sikap ini tercermin dalam :
* Kemalasan, mudah tersinggung, merasa paling berkuasa, emosional, serta suka memaksakan kehendak.
* Ceroboh, tidak tertib, dan tidak disiplin.
* Rendah diri, cemburu, dan pemalu.
* Boros serta bergaya hidup mewah.
* Tidak bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar