Selasa, 19 November 2013

Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Kemiskinan

Pengertian ilmu pengetahuan yaitu melakukan suatu kegiatan atau pengamatan maka akan mendapatkan ilmu karena kita telah mempraktekkannya. Menurut saya ilmu itu bisa dapat dari mana saja. Tidak harus dari sekolah, di dalam kehidupan bermasyarakat, di lingkungan keluarga, dll.
Dari berbagai macam pandangan tentang pengetahuan diperoleh sumber-sumber pengetahuan berupa ide, kenyataan, kegiatan akal-budi, pengalaman, sintesis budi, atau meragukan karena tak adanya sarana untuk mencapai pengetahuan yang pasti. Untuk membuktikan pengetahuan itu benar, perlu berpangkal pada teori kebenaran pengetahuan
1. Pengetahuan dianggap benar apabila dalil itu mempunyai hubungan dengan dalil yang terdahulu.
2. Pengetahuan dianggap benar apabila ada kesesuaian dengan kenyataan.
3. Pengetahuan dianggap benar apabila mempunyai konsekwensi praktis dalam diri yang mempunyai pengetahuan itu.

Teknologi adalah suatu alat yang digunakan dengan lebih efisien untuk memproses serta mengendalikan suatu masalah. Jadi Teknologi itu metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Teknologi sangat membantu kita mendapatkan ilmu pengetahuan. Mendapatkan ilmu tidak harus dari buku saja, tapi dengan kita memanfaatkan teknologi kita bisa belajar melalui Internet. Bahkan bersosialisasi lewat internet merupakan manfaat teknologi, seperti facebook, twitter, whatsapp, dll.
Teknologi yang berkembang dengan pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Luasnya bidang teknik digambarkan sebagai berikut :
1. Teknik meluputi bidang ekonomi, artinya teknik mampu menghasilkan barang-barang industri. Dengan teknik, mampu mengkonsentrasikan kapital sehingga terjadi sentralisasi ekonomi.
2. Teknik meliputi bidang organisasional seperti administrasi, pemerintahan, manajemen, hukum dan militer.
3. Teknik meliputi bidang manusiawi. Teknik telah menguasai seluruh sektor kehidupan manusia, manusia semakin harus beradaptasi dengan dunia teknik dan tidak ada lagi unsur pribadi manusia yang bebas dari pengaruh teknik.

Pengertian kemiskinan umumnya adalah tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Tapi menurut saya kemiskinan dilihat dari beberapa segi. Dari segi penghasilan, golongan ini dicirikan sebagai kurangnya pandapatan/ penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Kalau dilihat dari segi kondisi bisa dicirikan dengan kelaparan dan gizi, pakaian dan perumahan yang tidak memadai, dan tingkat pendidikan yang rendah.
Kemiskinan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Tidak memiliki faktor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, keterampilan. Dll
2. Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan atau modal usaha
3. Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai tamat SD.
4. Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas.
5. Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai ketrampilan.

Jadi kesimpulannya enurut saya ilmu pengetahuan, teknologi sangat membantu untuk memangkas tingkat kemiskinan di suatu negara. Karena itulah pendidikan dan teknologi sangat membantu memerangi kemiskinan. Dan intinya ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan saling berkaitan dari berbagai aspek kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar