Rabu, 13 November 2013

Pertentangan Sosial Dan Integrasi Masyarakat

Setiap semua manusia mempunyai kepentingan dirinya masing-masing, kepentingan hidup, kepentingan sosial, dan kepentingan yang lainnya. Agar mereka bisa memiliki sesuatu yang mereka butuhkan. Yang saya ingin bahas yaitu banyak kita dengar petinggi Negara atau pejabat yang berperilaku tidak adil terhadap masyarakat dan bawahannya, seperti diskriminasi sosial. Yang kita tahu diskriminasi yaitu membedekan sesuatu untuk kepentingan dirinya sendiri atau individu. Banyak sekali manusia yang melakukan hal tersebut salah satunya sebagai contoh: seorang direktur atau pemimpin dalam suatu perusahaan yang banyak yang melakukan diskriminasi terhadap bawahannya seperti pembagian gaji karyawan yang sangat tidak adil
               
                Bagaimana kita menghilangkan sifat negative tersebut? Yaitu dengan membiasakan saling mengahargai, saling mengasihi, saling jujur, saling berperilaku adil dan bermusyawarah untuk kepentingan bersama. Sekarang manusia banyak yang sombong atau menganggap dirinya itu ialah yang terbaik dari yang lainnya. Sebagai contoh: apa yang kita miliki atau yang kita lakukan selalu benar dan selalu lebih baik dari orang lain atau sesuatu yang lainnya. Seperti sifat egois. Bagaimana kita dapat mengatasi hal tersebut? Hal awal kita bisa melakukannya untuk sadar diri, apa yang kita punya atau yang kita lakukan belum semuanya yang terbaik atau benar. Akan tetapi kita bisa mempunyai hal percaya diri untuk hal tersebut, tapi kita ingat bahwa tidak boleh menganggap nilai-nilai yang kita lakukan itu sebagai sesuatu yang terbaik atau mutlak dengan yang lainnya.

            Didalam kelompok bermasyarakat pasti ada sesuatu yang kurang atau yang belum sempurna untuk dipenuhi agar bisa menjadi sesuatu keserasian dalam fungsi pola bermasyarakat. Saling perbedaan tersebut lah yang melatar belakangi hal tersebut sehingga terjadi penyesuaian nilai-nilai atau unsur-unsur di dunia masyarakat sendiri. Banyak masyarakat yang tidak puas atas apa yang dimilikinya sehingga pola-pola atau unsur-unsur didalamnya menjadi pertentangan atau pertikaian yang tidak bisa dihindari,oleh karena itu integrasi masyarakat sangat dibutuhkan di dalamnya agar masyarakat menjadi nyaman dan puas akan apa yang mereka rasakan. Jadi kesimpulannya kita sebagai makhluk sosial harus saling menghargai antar sesama. Dan Jangan bersifat individu karena kita hidup saling membutuhkan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar