Selasa, 19 November 2013

Pemuda Dan Sosialisasi

INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI

Ketiga kata melalui suatu proses yaitu interaksi sosial.
Internalisasi lebih cenderung dengan norma individu. Belajar lebih mengarah pada proses pembelajaran tingkah laku. Sedangkan spesialisasi lebih mengarah pada  suatu hal  yang khusus yang dimiliki oleh suatu individu.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti selalu bersosialisasi terhadap antar individu. Perbedaan karakter menjadi identitas diri individu masing-masing. Perilaku setiap individu pun berbeda-beda, karena dari itu membuat individu lain mengambil suatu tindakan yang berbeda. Tindakan oleh masing-masing individu dibagi menjadi dua yaitu tindakan positif dan negatif. Tindakan positif  jika antar individu saling menghargai adanya norma yang berlaku di suatu tempat. Sedangkan tindakan negatif jika antar individu tidak menghargai norma yang ada. Setelah individu mengambil suatu tindakan, individu tersebut akan berfikir atas tindakannya tersebut. Maka itulah suatu pembelajaran dimana setiap individu akan lebih memahami hidup besosialisasi dan norma-norma yang berlaku. Dan individu bisa menempatkan dirinya di dalam hidup bermasyarakat.
Jadi kesimpulannya sebagai individu wajib mentaati norma kehidupan yang ada. Dan semua itu dilakukan melalui proses pembelajaran.

PEMUDA DAN IDENTITAS
Pemuda dapar diartikan dengan suatu generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat membangun suatu bangsa menjadi lebih baik. Akan tetapi banyak permasalahan yang dialami pemuda tersebut. Maka harus ditindak lanjuti agar para pemuda tersebut tidak kehilangan fungsinya sebagai penerus bangsa. Oleh karena itu, untuk menangani dan menindaklanjutinya perlu diadakan pembinaan dan pengembangan generasi muda. Pembinaan dan pengembangan tersebut disusun berlandaskan:
1) Pancasila
2) UUD 1945
3) GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara)
4) Sumpah Pemuda
5) Etika dan tata nilai, tradisi yang berlaku di masyarakat
Tapi di sisi lain berbagai permasalahan yang dialami generasi muda saat ini. Permasalahan yang paling utama adalah pergaulan bebas, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkotika dan masih banyak lagi perilaku yang menyimpang. Padahal banyak potensi yang dapat dihasilkan oleh para pemuda dan perlu untuk dikembangkan. Biasanya generasi muda tersebut memiliki kreativitas,jiwa, dan semangat yang tinggi. Oleh karena itu, pembinaan dan perhatian khusus harus diberikan bagi kebutuhan dan pengembangan potensi mereka.Para pemuda kebanyak masih mencari jati diri mereka. Identitas atau jati diri it merupakan sikap atau sifat yang ada dalam diri seseorang. Dalam tahap pencarian identitas terkadang masih menemukan kendala. Pergaulan merupakan faktor utama yang mempengaruhi terbentuknya jati diri pemuda. Banyak tindak kriminal yang dilakukan para pemuda itu sendiri. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa moral pemuda zaman sekarang sudah menurun dibanding pemuda generasi sebelumnya. Dan kita sebagai pemuda generasi penerus bangs jangan sampai kehilangan identitas diri kita. Mulai lah perubahan dari diri kita sendiri agar kitaa dapat memajukan bangsa ini yang sudah terlewat hancur.
PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ilmu di bidang keinginannya masing-masing agar bermanfaat bagi agama, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi Disinilah seseorang dapat mengembangkan lebih dalam lagi ilmu-ilmu yang telah didapat dari pendidikan sebelumnya (SD,SMP,SMA), yang akan berpeluang besar menggantikan generasi sebelumnya, dan dapat memajukan bangsa dan negaranya.
Maka wajib untuk mengenyam pendidikan. Jika tidak akan terjadi akibat seperti pengangguran semakin banyak dan terjadilah kejahatan seperti perampokan, pembunuhan dan lain sebagainya. Jadi kesimpulannya pendidikan dan perguruan adalah faktor penting dalam membangun sebuah bangsa yang maju. Dan juga bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar