Minggu, 10 November 2013

Pelapiasan Sosial Dan Kesamaan Derajat

        Pelapisan sosial atau pengelompokan penduduk atau masyarakat ke dalam beberapa golongan yang kita ciptakan sendiri. Pelapisan sosial pada kenyataanya dapat diketahui dalam masyarakat yaitu dengan munculnya kelas tinggi dan kelas rendah. Pelapisan masyarakat ini muncul karena gengsi kemasyarakatan sehingga timbulah pembedaan kelas-kelas dalam masyarakat atau sebuah golongan, ada kelas tinggi yatu mereka yang mempunyai kekuasaan lebih dibandingkan dengan kelas rendah. Beberapa faktor yang menyebabkan pelapiasan sosial terjadi adalah berupa harta kekayaan, ilmu pengetahuan, atau kekuasaan. Seperti contoh orang kaya selalu diistimewakan, sementara orang miskin dikucilkan di masyarakat. Dan itu yang membuat adanya perbedaan antara satu dengan yang lain. Tapi pada hakikatnya kita semua itu sama. Kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

      Dari kasus diatas dapat saya simpulkan bahwa pelapisan sosial adalah perbedaan tinggi dan rendahnya suatu kedudukan seseorang dalam kelompoknya. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai perbedaan, seperti kekayaan, nilai sosial, dan serta kekuasaan.

      Dalam kehidupan bernegara tidak dibedakan sebuah jabatan dimata hukum. Kesamaan derajat tidak dilihat dari orang itu memliki harta berlimpah atau tidak, karena di mata Tuhan semua sama saja. Tapi pada kenyataannya di Negara Indonesia ini masih mengutamakan orang yang berlimpah harta yang diutamakan. Karena rakyat indonesia masih tergila-gila akan uang daripada melihat hukum yang berlaku

      Jadi hendaklah kita saling membantu sebagai mahluk sosial. Masih banyak saudara kita yang membutuhkan bantuan kita, pada dasarnya kita itu bersaudara. Mungkin banyak saat ini sikap saling memilih, itu yang membuat hancur negara sendiri. Secara tidak langsung kita semua ini adalah musuh. Kini saatnya bukannya saling mendiskriminasi, tetapi saling melihat diri sikap dan perilaku kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar